Monday, December 12, 2016

tips membuat toko online di Tokopedia

tokopedia login


membuat toko online di Tokopedia


Pertama kita harus membuka website Tokopedia, pastikan alamat yang anda buka adalah https://www.tokopedia.com/ bukan yang lain untuk menghindari penipuan dan pencurian data pribadi.


Isi Formulir Pendaftaran

Setelah kita membuka halaman pendaftaran pada langkah pertama, selanjutnya kita diharuskan untuk mengisi beberapa kolom mengenai data diri dan data toko online yang akan kita buat, seperti pendaftaran nama toko, pemilihan kurir dan jenis pengiriman, dan data penting lainnya untuk database di Tokopedia.

Pilih Domain Toko

Pada bagian awal di formulir pendaftaran toko, kita akan langsung diminta untuk mendaftarkan nama toko kita di Tokopedia, selain sebagai nama toko disini kita juga harus mendaftarkan nama domain toko yang nantinya dapat digunakan sebagai tautan (direct link) agar pengunjung dapat langsung diarahkan ke halaman toko kita tanpa harus membuka halaman utama Tokopedia.


Pilihan Kurir

Karena tidak semua kurir dapat melayani daerah yang sama, sebelum memilih kurir pastikan terlebih dahulu bahwa kita telah memilih kota sebagai lokasi pengiriman paket /pesanan kepada calon pembeli. Bila telah memilih lokasi pengiriman, dengan otomoatis sistem akan memunculkan kurir (Jasa Ekspedisi) yang benar – benar tersedia pada kota pengirim. Setelah kita mengetahui kurir mana saja yang tersedia di daerah kita, selanjutnya kita tinggal memilih jenis pengiriman dari masing – masing kurir seperti, Paket Kilat, Reguler, Khusis, dll.

Biodata

Pada bagian akhir formulir kita harus mengisi data pribadi agar semua pihak dapat melakukan verifikasi dengan mudah.

Bila telah mengisi seluruh formulir yang ada pada bagian pendaftaran toko online, langkah terakhir adalah dengan menekan tombol “Buka Toko” yang ada pada bagian bawah halaman.

Verifikasi email

Bila telah selesai mengisi formulir dan klik “Buka Toko” kita akan diarahkan kepada halaman konfirmasi bahwa kita telah selesai membuat toko online dan kita diharuskan untuk melakukan verifikasi melalui email yang telah dikirim oleh pihak Tokopedia kepada email yang telah kita daftarkan pada form pendaftaran pada halaman sebelumnya.
Untuk melakukan verifikasi kita harus membuka email dari Tokopedia yang masuk ke email terdaftar dan bila telah terverifikasi (biasanya dengan klik tombol verifikasi yang ada di email dari tokopedia) maka kita telah resmi mempunyai akun untuk login sebagai penjual /pemilik toko di website tokopedia.


Setelah berhasil melakukan pendaftaran sebagai penjual, ada baiknya kita mengenal antarmuka dari halaman utama untuk penjual di Tokopedia. Setelah melakukan verifikasi alangkah baiknya juga kita langsung melengkapi data mengenai toko kita seperti detail produk, gambar, kontak, alamat fisik toko/rumah, dll.

Tokopedia

Tokopedia.com merupakan salah satu mal online di Indonesia yang mengusung model bisnis marketplace dan mall online.[2]Tokopedia ymemungkinkan setiap individu, toko kecil dan brand untuk membuka dan mengelola toko online.[2] Sejak diluncurkan sampai hingga akhir 2015, layanan dasar Tokopedia bisa digunakan oleh semua orang secara gratis.[2]
Dengan visi untuk "Membangun Indonesia yang Lebih Baik Lewat Internet", Tokopedia memiliki program untuk mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produk secara online[3].
okopedia.com resmi diluncurkan ke publik pada 17 Agustus 2009 di bawah naungan PT Tokopedia yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada 6 Februari 2009. Sejak resmi diluncurkan, PT Tokopedia berhasil menjadi salah satu perusahaan internet Indonesia dengan pertumbuhan yang sangat pesat[4].
PT Tokopedia mendapatkan seed funding (pendanaan awal) dari PT Indonusa Dwitama pada tahun 2009. Kemudian pada tahun-tahun berikutnya, Tokopedia kembali mendapatkan suntikan dana dari pemodal ventura global seperti East Ventures (2010)[5][6], Cyber Agent Ventures (2011)[7], Netprice (2012)[8], and SoftBank Ventures Korea (2013)[9]. Hingga pada Oktober 2014, Tokopedia berhasil mencetak sejarah sebagai perusahaan teknologi pertama  di Asia Tenggara, yang menerima investasi sebesar USD 100 juta atau sekitar Rp 1,2 triliun dari Sequoia Capital dan SoftBank Internet and Media Inc (SIMI)[10][11]. Pada tanggal April 2016, Tokopedia kembali dikabarkan mendapatkan investasi sebesar USD 147 juta atau sekitar Rp 1,9 triliun[12]
Berkat peranannya dalam mengembangkan bisnis online di Indonesia, PT Tokopedia berhasil meraih penghargaan Marketeers of the Year 2014 untuk sektor E-Commerce pada acara Markplus Conference 2015 yang digelar oleh Markplus Inc tanggal 11 Desember 2014[13]. Pada tanggal 12 Mei 2016, Tokopedia terpilih sebagai Best Company in Consumer Industry dari Indonesia Digital Economy Award 2016[14]
Tokopedia.com resmi diluncurkan ke publik pada 17 Agustus 2009 di bawah naungan PT Tokopedia yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada 6 Februari 2009. Sejak resmi diluncurkan, PT Tokopedia berhasil menjadi salah satu perusahaan internet Indonesia dengan pertumbuhan yang sangat pesat[4].

PT Tokopedia mendapatkan seed funding (pendanaan awal) dari PT Indonusa Dwitama pada tahun 2009. Kemudian pada tahun-tahun berikutnya, Tokopedia kembali mendapatkan suntikan dana dari pemodal ventura global seperti East Ventures (2010)[5][6], Cyber Agent Ventures (2011)[7], Netprice (2012)[8], and SoftBank Ventures Korea (2013)[9]. Hingga pada Oktober 2014, Tokopedia berhasil mencetak sejarah sebagai perusahaan teknologi pertama  di Asia Tenggara, yang menerima investasi sebesar USD 100 juta atau sekitar Rp 1,2 triliun dari Sequoia Capital dan SoftBank Internet and Media Inc (SIMI)[10][11]. Pada tanggal April 2016, Tokopedia kembali dikabarkan mendapatkan investasi sebesar USD 147 juta atau sekitar Rp 1,9 triliun[12]

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

No comments:

Post a Comment