membuat
toko online di Tokopedia
Pertama kita harus membuka website Tokopedia,
pastikan alamat yang anda buka adalah https://www.tokopedia.com/ bukan
yang lain untuk menghindari penipuan dan pencurian data pribadi.
Isi
Formulir Pendaftaran
Setelah kita membuka halaman pendaftaran
pada langkah pertama, selanjutnya kita diharuskan untuk mengisi beberapa kolom
mengenai data diri dan data toko online yang akan kita buat, seperti
pendaftaran nama toko, pemilihan kurir dan jenis pengiriman, dan data penting
lainnya untuk database di Tokopedia.
Pilih
Domain Toko
Pada bagian awal di formulir pendaftaran toko, kita akan langsung
diminta untuk mendaftarkan nama toko kita di Tokopedia, selain sebagai nama
toko disini kita juga harus mendaftarkan nama domain toko yang nantinya dapat
digunakan sebagai tautan (direct link) agar pengunjung dapat langsung diarahkan
ke halaman toko kita tanpa harus membuka halaman utama Tokopedia.
Pilihan
Kurir
Karena tidak semua kurir dapat melayani daerah yang sama, sebelum
memilih kurir pastikan terlebih
dahulu bahwa kita telah memilih kota sebagai lokasi pengiriman
paket /pesanan kepada calon pembeli. Bila telah memilih lokasi pengiriman,
dengan otomoatis sistem akan memunculkan kurir (Jasa Ekspedisi) yang benar –
benar tersedia pada kota pengirim. Setelah kita mengetahui kurir mana saja yang
tersedia di daerah kita, selanjutnya kita tinggal memilih jenis pengiriman dari
masing – masing kurir seperti, Paket Kilat, Reguler, Khusis, dll.
Biodata
Pada bagian akhir formulir kita harus mengisi data pribadi agar
semua pihak dapat melakukan verifikasi dengan mudah.
Bila telah mengisi seluruh formulir yang ada pada bagian
pendaftaran toko online, langkah terakhir adalah dengan menekan tombol “Buka
Toko” yang ada pada bagian bawah halaman.
Verifikasi
email
Bila telah selesai mengisi formulir dan klik “Buka Toko” kita akan
diarahkan kepada halaman konfirmasi bahwa kita telah selesai membuat toko
online dan kita diharuskan untuk melakukan verifikasi melalui email yang telah
dikirim oleh pihak Tokopedia kepada email yang telah kita daftarkan pada form
pendaftaran pada halaman sebelumnya.
Untuk melakukan verifikasi kita harus
membuka email dari Tokopedia yang masuk ke email terdaftar dan bila telah
terverifikasi (biasanya dengan klik tombol verifikasi yang ada di email dari tokopedia)
maka kita telah resmi mempunyai akun untuk login sebagai penjual /pemilik toko
di website tokopedia.
Setelah berhasil melakukan pendaftaran sebagai penjual, ada
baiknya kita mengenal antarmuka dari halaman utama untuk penjual di Tokopedia.
Setelah melakukan verifikasi alangkah baiknya juga kita langsung melengkapi
data mengenai toko kita seperti detail produk, gambar, kontak, alamat fisik
toko/rumah, dll.
Tokopedia
Tokopedia.com merupakan salah satu mal online di
Indonesia yang mengusung model bisnis marketplace dan mall online.[2]Tokopedia
ymemungkinkan setiap individu, toko kecil dan brand untuk membuka dan mengelola
toko online.[2] Sejak
diluncurkan sampai hingga akhir 2015, layanan dasar Tokopedia bisa digunakan
oleh semua orang secara gratis.[2]
Dengan visi untuk "Membangun Indonesia yang Lebih Baik
Lewat Internet", Tokopedia memiliki program untuk mendukung para pelaku
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha
mereka dengan memasarkan produk secara online[3].
okopedia.com resmi diluncurkan ke publik pada 17 Agustus
2009 di bawah naungan PT Tokopedia yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada 6 Februari
2009. Sejak resmi diluncurkan, PT Tokopedia berhasil menjadi salah satu
perusahaan internet Indonesia dengan pertumbuhan yang sangat pesat[4].
PT Tokopedia mendapatkan seed funding (pendanaan awal) dari
PT Indonusa Dwitama pada tahun 2009. Kemudian pada tahun-tahun berikutnya,
Tokopedia kembali mendapatkan suntikan dana dari pemodal ventura global seperti
East Ventures (2010)[5][6], Cyber Agent
Ventures (2011)[7],
Netprice (2012)[8],
and SoftBank Ventures Korea (2013)[9]. Hingga pada
Oktober 2014, Tokopedia berhasil mencetak sejarah sebagai perusahaan teknologi
pertama di Asia Tenggara, yang menerima investasi sebesar USD 100 juta
atau sekitar Rp 1,2 triliun dari Sequoia
Capital dan SoftBank Internet and Media Inc (SIMI)[10][11]. Pada
tanggal April 2016, Tokopedia kembali dikabarkan mendapatkan investasi sebesar
USD 147 juta atau sekitar Rp 1,9 triliun[12]
Berkat peranannya dalam mengembangkan bisnis online di
Indonesia, PT Tokopedia berhasil meraih penghargaan Marketeers of the Year 2014
untuk sektor E-Commerce pada acara Markplus Conference 2015 yang digelar oleh
Markplus Inc tanggal 11 Desember 2014[13]. Pada
tanggal 12 Mei 2016, Tokopedia terpilih sebagai Best Company in Consumer
Industry dari Indonesia Digital Economy Award 2016[14]
Tokopedia.com resmi diluncurkan ke publik pada 17 Agustus
2009 di bawah naungan PT Tokopedia yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada 6 Februari
2009. Sejak resmi diluncurkan, PT Tokopedia berhasil menjadi salah satu
perusahaan internet Indonesia dengan pertumbuhan yang sangat pesat[4].
PT Tokopedia mendapatkan seed funding (pendanaan awal) dari
PT Indonusa Dwitama pada tahun 2009. Kemudian pada tahun-tahun berikutnya,
Tokopedia kembali mendapatkan suntikan dana dari pemodal ventura global seperti
East Ventures (2010)[5][6], Cyber Agent
Ventures (2011)[7],
Netprice (2012)[8],
and SoftBank Ventures Korea (2013)[9]. Hingga pada
Oktober 2014, Tokopedia berhasil mencetak sejarah sebagai perusahaan teknologi
pertama di Asia Tenggara, yang menerima investasi sebesar USD 100 juta
atau sekitar Rp 1,2 triliun dari Sequoia
Capital dan SoftBank Internet and Media Inc (SIMI)[10][11]. Pada
tanggal April 2016, Tokopedia kembali dikabarkan mendapatkan investasi sebesar
USD 147 juta atau sekitar Rp 1,9 triliun[12]
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
membuat toko online di Tokopedia
Isi Formulir Pendaftaran
Pilih Domain Toko
Pilihan
Kurir
Biodata
Verifikasi email
Tokopedia
Tokopedia.com merupakan salah satu mal online di
Indonesia yang mengusung model bisnis marketplace dan mall online.[2]Tokopedia
ymemungkinkan setiap individu, toko kecil dan brand untuk membuka dan mengelola
toko online.[2] Sejak
diluncurkan sampai hingga akhir 2015, layanan dasar Tokopedia bisa digunakan
oleh semua orang secara gratis.[2]
Dengan visi untuk "Membangun Indonesia yang Lebih Baik
Lewat Internet", Tokopedia memiliki program untuk mendukung para pelaku
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha
mereka dengan memasarkan produk secara online[3].
okopedia.com resmi diluncurkan ke publik pada 17 Agustus
2009 di bawah naungan PT Tokopedia yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada 6 Februari
2009. Sejak resmi diluncurkan, PT Tokopedia berhasil menjadi salah satu
perusahaan internet Indonesia dengan pertumbuhan yang sangat pesat[4].
PT Tokopedia mendapatkan seed funding (pendanaan awal) dari
PT Indonusa Dwitama pada tahun 2009. Kemudian pada tahun-tahun berikutnya,
Tokopedia kembali mendapatkan suntikan dana dari pemodal ventura global seperti
East Ventures (2010)[5][6], Cyber Agent
Ventures (2011)[7],
Netprice (2012)[8],
and SoftBank Ventures Korea (2013)[9]. Hingga pada
Oktober 2014, Tokopedia berhasil mencetak sejarah sebagai perusahaan teknologi
pertama di Asia Tenggara, yang menerima investasi sebesar USD 100 juta
atau sekitar Rp 1,2 triliun dari Sequoia
Capital dan SoftBank Internet and Media Inc (SIMI)[10][11]. Pada
tanggal April 2016, Tokopedia kembali dikabarkan mendapatkan investasi sebesar
USD 147 juta atau sekitar Rp 1,9 triliun[12]
Berkat peranannya dalam mengembangkan bisnis online di
Indonesia, PT Tokopedia berhasil meraih penghargaan Marketeers of the Year 2014
untuk sektor E-Commerce pada acara Markplus Conference 2015 yang digelar oleh
Markplus Inc tanggal 11 Desember 2014[13]. Pada
tanggal 12 Mei 2016, Tokopedia terpilih sebagai Best Company in Consumer
Industry dari Indonesia Digital Economy Award 2016[14]
Tokopedia.com resmi diluncurkan ke publik pada 17 Agustus
2009 di bawah naungan PT Tokopedia yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada 6 Februari
2009. Sejak resmi diluncurkan, PT Tokopedia berhasil menjadi salah satu
perusahaan internet Indonesia dengan pertumbuhan yang sangat pesat[4].
PT Tokopedia mendapatkan seed funding (pendanaan awal) dari
PT Indonusa Dwitama pada tahun 2009. Kemudian pada tahun-tahun berikutnya,
Tokopedia kembali mendapatkan suntikan dana dari pemodal ventura global seperti
East Ventures (2010)[5][6], Cyber Agent
Ventures (2011)[7],
Netprice (2012)[8],
and SoftBank Ventures Korea (2013)[9]. Hingga pada
Oktober 2014, Tokopedia berhasil mencetak sejarah sebagai perusahaan teknologi
pertama di Asia Tenggara, yang menerima investasi sebesar USD 100 juta
atau sekitar Rp 1,2 triliun dari Sequoia
Capital dan SoftBank Internet and Media Inc (SIMI)[10][11]. Pada
tanggal April 2016, Tokopedia kembali dikabarkan mendapatkan investasi sebesar
USD 147 juta atau sekitar Rp 1,9 triliun[12]
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
No comments:
Post a Comment